TUTORIAL MEMBUAT KARAKTER ANIMASI MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER
Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Karakter Animasi Menggunakan Aplikasi Blender. Okay, langsung saja ke tutorial-nya! ;D
Langkah-langkah Membuat Karakter Animasi Menggunakan Aplikasi Blender.
- Buka aplikasi blender. Setelah membukanya maka akan muncul tampilan default dari blender seperti pada gambar.
- Klik shortcut S+Z untuk membuat kubus menjadi lebih tipis.
- Selanjutnya ubah Object Mode menjadi Edit Mode atau bisa dengan menekan tombol TAB.
- Pastikan mode select berada pada Face Select lalu klik Ctrl+R maka akan muncul garis berwarna ungu, scroll mouse untuk memperbanyak garis. Buatlah garis vertical dan horizontal. Maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini.
- Untuk membuat tangan, kita tinggal menyeleksi kotak-kotak yang akan dijadikan tangan.
- Setelah diseleksi, klik shortcut E lalu gerakan mouse hingga objek yang diseleksi tertarik.
- Klik S lalu gerakan mouse untuk memperkecil face-nya, kemudian klik E lalu tarik. Maka akan jadi seperti ini.
Lalu pindah ke Edge Select untuk membuat ujung tangan lebih lancip dengan cara select pada sisi ujung tangan kemudian klik shortcut E lalu gerakkan dengan mouse. Maka jadinya akan seperti gambar berikut.
- Lakukan langkah yang sama untuk membuat kaki.
Kembali ke Face Select, sekarang kita buat kepalanya. Caranya sama seperti membuat tangan dan kaki.
- Untuk menambahkan warna pada object, pindah ke Edit Mode lalu seleksi object yang akan diwarnai. Pilih material untuk mengubah warna.
- Klik pada Diffuse untuk mengubah warna.
- Klik Assign agar warna pada object berubah. Maka hasilnya akan seperti pada gambar.
- Setelah itu, agar karakter bisa bergerak kita beri rigging pada body object. Klik shift+A > Armature > Single Bone untuk menambahkan tulang.
- Pindahkan tulang ke dalam body. Untuk membuat objeck menjadi transparant klik shortcut Z.
- Kemudian pindah ke Edit Mode. Untuk menambahkan tulang, pilih Tools > Subdivide. Kita bisa mengatur jumlah tulang dengan menambahkan angka pada Number of Cuts.
- Setelah itu atur tulang sesuai dengan bentuk model. Menambahkan tulang juga bisa dengan menyeleksi ujung tulang lalu extrude. Untuk mengatur ukuran tulang bisa dengan menekan S. Jadilah tulang seperti gambar dibawah.
- Lalu, kembali ke Object Mode. Seleksi badan lalu tulang, tekan Ctrl+P dan pilih With Automatic Weights. Fungsi dari shortcut ini adalah untuk menyatukan badan dengan tulang.
- Langkah selanjutnya adalah menggerakan obyek atau membuat animasi sederhana. Sebelumnya kita harus pindah ke Pose Mode.
- Untuk membuat gerakannya kita memakai Timeline. Kemudian, pastikan Start timeline masih berada di 1. Kemudian tekan I untuk membuat keyframe lalu pilih LocRot karena akan membuat perpindahan lokasi dan rotasi.
- Pindahkan timeline ke angka 20 kemudian seleksi tulang yang akan digerakan lalu rotate (tekan R) untuk menggerakkannya. Setelah itu beri keyframe lagi dengan menekan shortcut I lalu pilih LocRot. Ulangi langkah-langkah tersebut untuk bergerak lebih banyak.
Setelah selesai, kita hanya tinggal render project (Ctrl+F12) atau bisa langsung Play pada timeline. Video dibawah ini adalah hasil render dari karakter yang telah saya buat.
Berikut video tutorialnya:
https://youtu.be/X_a5-4Cnpe8
Komentar
Posting Komentar